Jumat, 28 Desember 2012

SEMINAR JURNALISTIK KULINER EKSPOS WISATA KULINER SEBAGAI ANDALAN PARIWISATA


Pembicara :
1.   Drs. Eko Suprihanto Dosen PBOB IISIP Jakarta
2.   Cahyo Agung Nugroho Majalah Men’sHealth
3.   Chef Ragil Trans TV

1.      Drs. Eko Surpihatno
Pada kuliah seminar, bapak Eko nama panggilan yang sering mahasiswa sapa. Pada seminar tersebut, Eko Suprihatno berhalangan hadir karena suatu keadaan tertentu, sehingga pengganti dari beliau adalah Hj. Mulharnetty dosen penulisan pendapat.
Apa itu kuliner? Itu adalah pertanyaan pertama kali yang akan dibahas. Kuliner adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia masak memasak, terutama di Indonesia. Menurut William Wongso, kuliner itu bukan sekedar makan-makan sebagaimana yang dilakukan kebanyakan orang.
Kuliner adalah soal rasa dan menggali sebuah keunikan rasa sebuah makanan. Indonesia kaya akan budaya, bukan hanya dalam hal budaya tetapi juga dalam segi kulinernya. Indonesia memiliki banyak kota ataupun provinsi yang memiliki berbagai macam kuliner dari masing-masing kota.
Kuliner sudah menjadi khas untuk ibu-ibu ataupun para wanita yang gemar memasak, bukan hanya dibahas dalam bentuk media cetak saja, tatapi juga di media elektronik terutama televisi. Para wanita sangat gemar memasak,  yang ingin mencoba menu masakan dari berbagai macam kota. Itulah sebabnya mengapa televisi menampilkan acara kuliner, karena pemirsa sangat menyukai acara kuliner tersebut dan rating semakin meningkatkan acara tersebut.
Sebagai penulis kuliner, penulis harus memiliki rasa human interest dimana untuk lebih menarik bagi pembaca. Bukan hanya menyangkut diri pribadi, tetapi menyangkut untuk kepentingan orang banyak. Merasakan suatu masakan atau kuliner jangan sesuai dengan diri pribadi, tetapi juga dengan orang lain yang ikut merasakan suatu hidangan kuliner.

2.      Cahyo Agung Nugroho
Bekerja disuatu majalah, sebuah majalah gaya hidup yang membahas segala macam nutrisi yang ditujukan untuk pria yaitu Men’sHealth. Majalah ini membahas tentang tips kesehatan, fitnes, sport, seks, gadget, entertainment, dan lifestyle.
Majalah Men’sHealth juga membahas tentang  buletin, benefit, artikel besar, dan kiat sedap. Yang isinya, buletin membahas penelitian terbaru tentang nutrisi bagi para pria, benefit membahas tulisan pendek tentang “how to” bagaimana cara kerja untuk mendapatkan gaya hidup sehat, atikel besar terbagi dua yaitu ilmiah membahas tentang apa kegunaan makanan yang kita akan makan dan praktis berisi kumpulan resep makanan sesuai dengan tema, dan terakhir adalah kiat sedap memberi resep maksakan untuk para pria yang dibuat hanya 30 menit dan tidak rumit.
Pada majalah Men’sHealth membahas juga tentang sisi penulisan yang membahas wawancara terhadap pihak yang ahli dalam makanan. Teknik pemotretan suatu makanan untuk mendapatkan hasil dan efek yang lebih segar dalam sebuah makanan. Majalah Men’sHealth diutamakan untuk pria karena diupayakan dapat membuka pikiran terhadap hal yang baru, gaya masak yang berbeda terhadap produk yang sama, dan juga tren nutrisi apa yang sedang booming.

3.      Chef Ragil
Kecintaanya akan makanan sejak kecil membuatnya bermimpi menjadi seorang chef. Hal tersebut ia buktikan, mulai dari memenangkan penghargaan di bidang kuliner, menjadi chef hotel berbintang, hingga kini menjadi pemilik beberapa restoran.
“Semua makanan yang terstruktur dengan rapi adalah Prancis” ujarnya pada saat seminar. Ketertarikannya terhadap makanan Indonesia mulai mendalami dan melakukan riset terhadap makan Indonesia. Makanan di Indonesia bervariasi dari sabang sampai marauke, membuat chef Ragil menginginkan untuk mengeksplorasikan makanan Indoseia. Dari cara memasak aslinya seperti apa, sampai dengan seperti apa asli dari makanan tersebut.
Bagi wartawan kuliner harus mendapatkan feel dari profesinya tersebut, setidaknya mengikuti kursus memasak selama 1-5 kali. Makanan Indonesia adalah makanan yang sulit untuk dibuat bagus, harus memiliki feel dalam meracik bumbu dan segalnya agar terlihat sempurna. “Buatlah semua menjadi mungkin” motto dari seorang chef Ragil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar